Sabtu, 09 April 2016

Pendahuluan

Pendahuluan

Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta, merupakan program unggulan MAN 1 Surakarta yang didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 73 tahun 1987. Program ini didirikan sebagai koreksi atas pendidikan Islam, terutama di bidang ilmu agama yang tidak dapat menghasilkan akademisi atau ulama yang memiliki kompetensi yang memadai.


Tujuan berdirinya MAPK adalah untuk menyiapkan peserta didik menjadiseorang intelektual muslim yang ber-akhlaqul karimah yang mana setiap lulusan Program Keagamaan ini diharapkan memiliki kemampuan berbahasa Arab dan  Inggris aktif dan kemampuan dalam hal keagamaan serta pengetahuan umum. Maka dari itu, semua mata pelajaran agama, pengantar KBM khusus agama, buku pegangan dan referensi serta tes evaluasi menggunakan bahasa Arab, tetapi tetap disertai dengan mata pelajaran umum. Selain itu MAPK juga peduli terhadap sosialkemasyarakatan.Untuk tujuan itu, maka diadakanlah kegiatan CAMPING DAKWAH RAMADHAN (CDR)sebagai sarana berlatih siswa dalamberdakwah serta membaur di tengah masyarakat.


Sebagaimana kita ketahui bersama, masih banyak kaum muslimin, terutama di daerah terpencil yang belum dan kurang mengerti akan ajaran Islam serta kurang adanya minat dan keinginan untuk mempelajari dan melaksanakan ajaran-ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai generasi Islam kita bertanggungjawab untuk memperbaikinya dan menyebarluaskan dakwah islamiyah dalam masyarakat secara konkret dan komprehensif. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al - Baqoroh : 185 yang berbunyi :

شهر رمضان الذي أنزل فيه القران هدى للناس و بينت من الهدى والفرقان فمن شهد 

منكم الشهر فليصمه و  من كان مريضا او على سفر فعدة من ايام أخر  يريدالله بكم  

اليسر ولا يريد بكم العسر ولتكملوا العدةة ولتكبرالله على ما هد ىكم ولعلكم تشكرون

“Bulan ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan – penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hakdan yang bathil).Karena itu ,barangsiapa diantara kamuada di bulan itu, maka berpuasalah, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari yang ia tinggalkan pada hari – hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah SWT atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (Al- Baqoroh : 185)


Berdasarkan hal tersebut, maka siswa – siswi MAPK MAN 1 Surakarta merasa perlu untuk mengadakan kegiatan dakwah sebagai sarana latihan untuk terjun di tengah – tengah masyarakat sekaligus sebagai pembekalan mental dan skill bagi siwa-siswi MAPK MAN 1 Surakarta di masa mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

Bagi anda yang mempunyai pertanyaan atau ingin menyumbangkan donasi berupa dana, buku, bahan pokok dll silahkan hubungi kami di:

Alamat:

JL.Sumpah Pemuda No.31 Kadipiro, Banjarsari, Surakarta , Jawa Tengah

Facebook:

Camping Dakwah Ramadhan

Contact Person:

Ust. Muhammad Djazam Asfari, Lc (081330177692)

Muhammad Suluh Ghani Syihab (085799572370)

Rekening Panitia

BRI 5933-01-012595-53-2 (a.n Muhammad Suluh Ghani Syihab)